SISTEM PENDINGIN AIR
Sistem pendingin air lebih rumit dan selain itu
biayanya lebih mahal dibanding dengan sistem pendigin udara. Tapi
mempunyai banyak keuntungan. Mesin dengan pendingin air lebih aman,
sebab ruang bakar dikelilingi oleh pendingin (terutama air dengan
addtive dan anti beku juga bertindak sebagai peredam bunyi. Air
pendingin yang panas dapat juga digunakan sebagai sumbet panas untuk
pemanas udara di dalam kendaraan.
1. Konstruksi
Sistem pendingin air dilengkapi oleh water jacket, pompa air, radiator, thermostat, kipas, slang karet, dan lain lain
2. Fungsi
a. Bila mesin masih dalam keadaan dingin
Pendingin di beri tekanan oleh pompa air dan bersirkulasi. Ketika
mesin masih dalam keadaan dingin, air pendingin masih dalam keadaan
dingin dan thermostat masih tertutup, sehingga cairan bersirkulasi
melalui selang bypass dan kembali ke pompa air
2. Bila mesin dalam keadaan panas
Setelah mesin menjadi panas, thermostat terbuka dan katup bypaas
tertutup dalam bypass sirkuit. Cairan pendingin setelah menjadi panas di
dalam water jacket (yang menyerap panas dari mesin) kemudian disalurkan
ke rasdiator untuk didinginkan dengan kipas dan putaran udara dengan
adanya gerakan maju kendaraan itu sendiri. Cairan pendingin yang sudah
dingin ditekan kembali oleh pompa air ke water jacket.
PENTING !!!
Jangan menghidupkan mesin dengan thermostat tidak dipasang.
Sirkuit bypass akan selalu terbuka, akan menyebabkan air pendingin
melalui bypass radiator dimana air pendingin tersebut didinginkan. Hal ini akan mengakibatkan mesin menjadi panas berlebihan (over heating)
sangat keren bgt harga mobil honda semarang
BalasHapus