Horex Patenkan Mesin 6 dan 8 Silinder Berukuran Kompak
Perhatikan ukuran blok silindernya, dari samping terlihat ringkas meski sebenarnya berkonfigurasi V 6 silinder
Jika mesin V twin 45 derajat dipatenkan oleh Harley Davidson, atau
mesin berkonfigurasi L twin jadi punya Ducati. Baru-baru ini, Horex juga
mematenkan dua jenis konfigurasi mesin barunya.
Bagi pecinta motor tua, merek Horex mungkin sudah tidak asing lagi.
Beberapa sepeda motor legendaris lahir dari pabrikan yang berasal Bath
Homburg, Hessen, Jerman ini. Setelah tidur panjang, Horex mengejutkan
dengan rencananya meluncurkan Horex VR6.
Yang pertama, Horex mematenkan mesin “narrow-angle V6 engine” yang
akan digunakan pada VR6. Mesin berkapasitas 1218cc ini merupakan
gabungan performa V engine dengan dimensi yang ringkas ala mesin multi
silinder segaris.
Sudut V 15 derajat membuat posisi 6 pistonnya yang terkoneksi dengan
satu kruk as sangat rapat sehingga dari luar terlihat seperti mesin tiga
silinder segaris.
Yang ini V8 dipasang longitudinal, dimensinya menyerupai mesin 4 silinder
Selain mesin VR6, Horex juga mematenkan mesin berkonfigurasi W8.
Mesin ini berangkat dari konsep “two narrow-angle V4s”. Dimana empat
silindernya saling berbagai kepala silinder.
Sehingga mesin ini berukuran 4 silinder, tapi sebenarnya di dalamnya
ada 8 silinder. Mesin ini dipasang longitudinal, dengan silinder
menyembul keluar seperti Moto Guzzi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar