Mobil merupakan sebuah kendaraan yang terdiri dari berbagai macam
bagian. Masing-masing bagian tersebut mempunyai fungsi masing-masing
serta cara perawatan yang berbeda. Berikut ini bagian-bagian mesin mobil
dan fungsinya:
- Skring: Untuk mencegah terjadinya konsleting.
- Amperemeter: Untuk mengontrol arus listrik.
- Kunci Kontak: Untuk menghubungkan & memutuskan arus listrik.
- Karbulator: Untuk mencampur bahan bakar & udara menjadi kabut/gas.
- Regulator: Untuk merubah arus AC menjadi DC.
- In House Manifoll: Untuk Saluran bahan bakar gas baru.
- Eks House: Untuk Saluran buang gas sisa pembakaran.
- Radiator: Untuk menampung air sekaligus mendinginkannya.
- Tutup Radiator: Untuk menahan tekanan air.
- Radiator Bagian Atas: Untuk tempat air panas.
- Inti Radiator: Untuk Mendinginkan Air.
- Radiator Bagian Bawah: Untuk tempat air dingin.
- Selang Atas Radiator: Untuk tempat aliran air panas menuju ke radiator.
- Selang Bawah: Untuk tempat aliran air dingin menuju ke mesin.
- Alternator: Sebagai generator listrik sekaligus mensuplai baterai.
- Motor Starter: Untuk menggerakan pulas suatu engine.
- Termostat: Untuk mengoptimalkan kerja mesin, sehingga mencapai suhu temperature kerja 80-90′C.
- Kipas: Untuk mendinginkan antara radiator dengan mesin bagian luar.
- Pompa Air: Untuk mensirkulasi air pendingin dalam mesin menuju radiator.
- Tutup Oli: Untuk menahan tekanan pelumas/oli supaya tidak keluar.
- Tutup Kepala Silinder: Untuk melindungi mekanisme katup.
- Kepala Silinder: Sebagai dudukan busi, dan sebagai ruang bakar.
- Blok Mesin: Sebagai tempat dudukan komponen-komponen busi, poros pengkol, dll.
- Kalter/Bak Oli: Untuk menampung Pelumas.
- Switch Temperature: Untuk mengontrol suhu waktu kerja.
- Busi: Untuk memercikan bunga api.
- Pompa Bensin: Untuk memompa bensin dari tangki mesin menuju ke karbulator.
- Stick Oli: Untuk mengukur keadaan oli dan volume jenis oli.
- Distributor: Untuk membagikan arus tegangan listrik menuju kemasing-masing busi.
- Saringan Oli: Untuk menyaring pelumas/oli sebelum menuju kepemakai.
- Switch Oli: Untuk mengontrol tekanan oli.
- Oil: Untuk merubah tegangan dari 12 volt menjadi 5000-20000 volt.
- Fly Whill/Roda Gila: Untuk meneruskan putaran mesin menuju antara kopling & transmisi.
- Saringan Bensin: Untuk menyaring bensin menuju kepompa bensin.
- Pully: Sebagai tempat dudukan panbell.
- Knalpot: Saluran buang gas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar