Pernahkah kalian mengalami mogok ? jika pernah berarti anda senasib dengan saya.
biasanya komponen di bawah ini yang sering bikin mogok jika jarang di cek oleh pengguna .
Ini diantaranya :
1.Busi
Hal
lain yang sering juga terjadi adalah saat kita mengendarai motor dan
ingin menambah kecepatan dengan memuntir gas, tiba-tiba mesin seperti
kehilangan tenaga dan suara knalpot motor sedikit ‘brebet’. Bahkan
tiba-tiba mesin motor mati.
Nah,
jika kamu menemui hal semacam itu, ada baiknya mengecek kondisi busi.
Caranya, lepas busi dari dudukan dan biarnya kabel busi masih tersambung
di ujung busi. Setelah itu tempelkan kepala busi di badan mesin dan
stater mesin.
Lihat
dengan seksama, apakah ada percikan api yang berasal dari kepala busi
saat mesin dihidupkan? Bila tidak berarti busi telah aus atau
bermasalah, sehingga wajib di ganti. Apabila tak bisa dilakukan sendiri,
ada baiknya matickers datangi bengkel terdekat.
2.Koil
Komponen
ini berfungsi untuk menaikkan voltage dari aki. Berkat koil tegangan
listrik dapat dinaikkan dan pembakaran di ruang bakar mesin lebih
sempurna. Nah, gejala yang kerap ditemui apabila koil bermasalah adalah
mirip dengan gejala pada busi, yaitu mesin tersendat atau sulit sekali
dihidupkan. Hanya saja, saat Koil bermasalah tak menimbulkan suara
ledakan di knalpot.
Cara
mengecek komponen ini masih baik atau tidak, sedikit mirip seperti
pengecekan pada busi, yaitu tempelkan kabel koil ke badan mesin lantas
starter mesin.
Nah,
bila terdapat percikan api jangan buru-buru menyimpulkan koil masih
bagus. Masih harus dicek ulang dengan memasang busi, bila ternyata tidak
ada percikan api berarti koil bermasalah hingga tidak berfungsi
optimal.
3.CDI
Gejala
Capasitor Discharge Ignition (CDI) yang rusak, mirip dengan busi atau
koil yang bermasalah. Mesin motor tiba-tiba tersendat dan mati. Gejala
lainnya adalah saat dinyalakan mesin cepat hidup, tapi kemudian kembali
mati.
Hal
itu disebabkan CDI yang berperan dalam mengatur timing pengapian dari
proses pembakaran bahan bakar dan udara di ruang bakar mesin tidak lagi
berfingsi baik.
Bila
motor yang telah mengalami ubahan yaitu peningkatan kompresi mesin maka
wajib mengganti CDI atau paling tidak menggeser kurva pengapian dengan
menggeser pulser jika menggunakan CDI standar.
Nah,
untuk masalah yang satu ini, ada baiknya langsung tanyakan langsung
pada mekanik bengkel langganan, dan jangan sekali-kali menunda
penggantian CDI yang telah soak atau tak berfungsi baik.
Memang , penyebab sepeda motor mogok memang bermacam-macam. Akan tetapi, dalam kondisi normal dan yang paling kerap menjadi penyabab utama kendaraan roda dua itu mogok adalah ketiga komponen ini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar