PENGERTIAN BAN
Ban adalah piranti yang menutupi velg (pelek) suatu
roda. piranti ini merupakan bagian penting dari kendaraan darat, karena
berhubungan (bersentuhan) langsung dengan permukaan jalan.
fungsi dari ban antara lain :
1. menopang seluruh berat kendaraan,
2. mengurangi getaran yang di sebabkan oleh ketidak teraturan permukaan jalan,
3. melindungi roda dari aus dan kerusakan
4. memberikan kesetabilan antara kendaraan dan tanah agar meningkatkan kecepatan,
5. mempermudah gerakan.
ban yang ada sekarang kebanyakan diproduksi dari karet sintetik,
meskipun dapat pula menggunakan bahan lain seperti baja. munculnya ban
diawali dari penemuan charles goodyear pada tahun 1839, yaitu teknik
vulkanisasi karet atau karet tahan api. kemudian pada tahun 1845,
thomson dan dunlop menciptakan ban yang disebut ban berongga udara.
dengan adanya perkembangan teknologi, charles kington welch pun
menemukan ban dalam. adapun ban luar ditemukan oleh william erskine
bartlett.
kendaraan berjalan di atas ban yang terisi udara. tekanan udara di
dalam ban dapat diukur dengan alat pengukur tekanan udara (air
pressure). berdasarkan pada tekanan udara, ban dapat digolongkan menjadi
ban bertekanan tinggi (high pressure), ban tekanan rendah (balloon
tire), dan ekstra ban tekanan rendah (extra low pressure).
ban tekanan tinggi memiliki tekanan udara 4,22kg/cm2 sampai dengan
6,32kg/cm2 (60 -90 psi). ban tersebut dilengkapi dengan case yang tebal
untuk menahan beban berat.
ban dengan tekanan rendah mempunyai tekanan udara 2,10 sampai dengan
2,53kg/cm2 (30 - 36 psi), luas penampangnya kira kira dua kali lebih
besar dari ban tekanan tinggi, luas permukaan yang bersinggungan dengan
jalan lebih besar. Karena volume udara lebih besar dan tekanannya
rendah, maka efek empuknya lebih baik.
Ban tekanan ekstra rendah memiliku tekanan udara 1,00 sampai
2,10kg/cm2 (14 - 30 psi) dan digunakan terutama pada mobil penumpang.
KONSTRUKSI BAN
Ban pompa (pneumatic) terdiri atas ban luar dan ban dalam.
a. Telapak ban (tread)
Tread adalah bagian karet paling tebal dari ban luar yang
bersinggungan langsung dengan permukaan jalan. Tread terbuat dari karet
empuk dan mempunyai daya tahan tinggi terhadap kejutan. Dengan demikian
fungsi tread yaitu untuk melindungi ban dari benturan, tusukan objek
dari luar yang dapat merusak ban. Berbagai macam bentuk dibuat di bagian
luar permukaan ban untuk mencegah selip. Misalnya , dengan membuat
banyak pola seperti pattern
b. Carcass
Carcass merupakan rangka dari bam luar. Carcass ini harus dapat tahan
terhadap tekanan tinggi dan deformasi yang disebabkan adanya perubahan
beban dan tumbukan tumbukan. Carcass terbuat dari lapisan lapisan sutera
atau nilon silang menyilang dan membentuk sebuah selimut dengan karet
yang tahan panas.
c. Breaker
Breaker merupakan karet lembut yang melengkapi bagian dalam tread.
Breaker dan belt adalah bagian lapisan benang (pada ban biasa terbuat
dari tekstil, sedangkan pada ban radial terbuat dari kawat) yang
diletakkan di antara tread dan casing. Fungsinya untuk melindungi serta
meredam kejutan kejutan dari luar/benturan yang terjadi pada tread, agar
tidak langsung diserap oleh casing.
d. Bead
Bead adalah bagian yang dipasangkan atau direkatkan pada rim pelek.
Beberapa buah kawat (bundelan kawat) yang cukup kokoh disebut bead wires
dipasangkan di bagian bead. Pada setiap kawan dilapsi dengan karet
(semi hard rubber)..
e. Sidewall
Sidewall adalah lapisan karet yang menutupi bagian samping ban dan
melindungi carcass terhadap kerusakkan dari luar. Sebagian ban yang
paling besar dan paling fleksibel, sidewall secara terus menerus
melentur di bawah beban yang dipikulnya selama berjalan. Pada sidewall
tercantum nama pembuat, ukuran ban, beserta informasi lainnya.
f. Ban dalam (tube)
Ban dalam yang merupakan kantong udara berbentuk donat. Ban dalam ini
terbuat dari karet yang dapat menyimpan udara tanpa kebocoran,
mempunyai daya elastik yang tinggi, dan tahan terhadap panas.
g. Katup udara
Katup udara (air valve) adalah lubang untuk memasukkan udara ke dalam
ban dalam. Pentil (valve cover) dipasangkan pada katup udara, yang
tidak memungkinkan udara dapat keluar
h. Casing
Casing adalah lapisan pembentuk ban dan merupakan rangka dari ban yang menampung udara bertekanan agar dapat menyangga ban.
istimewa bgt nih mobil honda semarang
BalasHapus