Biasanya
pemilik SATRIA FU belum puas dengan tenaga mesin bawaan pabrik,
sehingga tidak sedikit pemilik yang mengupgrade tenaga mesin motor yang
cukup digemari berbagai kalangan, baik dari kalangan muda sampai
kalangan tua namun berjiwa muda hehehe… Hal termudah dan biasa yang
dilakukan untuk meningkatkan tenaga mesin FU kesayangan ada beberapa
cara, salah satunya yang banyak dilakukan adalah mengaplikasi karbu
dengan venturi yang lebih besar. (Catatan Kondisi mesin standar bawaan
pabrik).
Keihin PE-28
Keihin
PE28, Karbu ini adalah karbu bawaan Honda NSR 150 2 Tak. Motor keluaran
honda yang banyak digemari anak muda pada tahun 90an, karbu ini bisa
dibilang karbu sejuta umat karena banyak banget yang mengaplikasikan
diberbagai jenis motor, baik untuk motor harian sampai pada motor yang
dipergunakan untuk balapan resmi. Karbu ini juga sangat mudah didapatkan
dipasaran hanya saja harus sangat hati – hati dalam membeli karena
karbu ini banyak KW nya dari KW1, KW2 dstnya. Untuk mengetahui ciri2
keaslian karbu ini saat membeli bisa disearch lwt mbah google. Jeting paling
pas biasanya dapat di pilot jet 38 – 40 main jet 115-118. Motor akan
jadi lebih responsif dan memang akan sedikit boros (tergantung cara bawa
motor).
PE28, Power atas lebih mantap
Mulai
dari putaran mesin rendah sampai atas sangat responsif. Kondisi angsam
mungkin agak bermasalah terutama kalau mesin sudah dipakai lama. Bisa
jadi karena setelan gas yang berwarna kuning mudah berubah. (agar tidak
mentok rangka, setelan gas yang berwarna kuning dikecilin ukuran
fisiknya).
Koso-28
Jeting yang pas biasanya dapatnya diangka Pilot Jet PJ 35 dan Main Jet MJ 105. Posisi Klip jarum berada diposisi paling atas.

Koso28, Nafas mesin jadi panjang
Kondisi
langsang jauh lebih baik dari PE 28 dan juga lebih irit bahan bakar..
Kelebihannya juga karbu KOSO 28 ini memiliki Power Jet, yang berfungsi
menyemburkan bahan bakar pada RPM tinggi.
PWK-28 Japan (Karbu Bawaan Kawasaki KX85)
PWK28 Japan, Power Bawah jadi Liar.
Keihin PWK28 Japan punya kawasaki KX 85
Jeting
yang paling pas dapat di Pilot Jet PJ 38 dan Main Jet MJ 115 dengan
klip jarum diposisikan di no 2 dari atas. Sesuaikan angin Sesuaikan
setelan angin dan untuk mengecek pas tidaknya setelan dapat dilihat pada
warna busi merah bata. Performa putaran mesin bawah nendang banget.
Bisa jadi karena karbu ini memang untuk karbu bawaan motor special
engine kawasaki KX 85.
PWK-28 SudcoAdd caption
PWK-28 keluaran Sudco.
PWK28 Sudco, Jetting Sangat Mudah.
Jetting
yang pas dapatnya di Pilot Jet PJ 40 - 42 Main Jet 118 – 120. Tenaga
mesin dari bawah sampai atas sangat bagus, lebih responsif bahkan
cenderung liar, dan menurut saya karbu ini yang paling pas diaplikasikan
untuk SATRIA FU kesayangan Kita. Kekurangannya hanya pada harga yang
memang agak mahal, namun peningkatan tenaga mesin yang dirasakan sesuai
dengan harganya.
Catatan :
1. Settingan ini diaplikasikan pada motor Satria FU dengan kondisi mesin standar.
2. Untuk
setelan angin bisa disesuaikan karena akan berbeda disetiap tempat
karena perbedaan kondisi cuaca dan kelembaban udara. Tapi biasanya 1 –
1,5 putaran.
3. Saringan udara bawaan FU (Box Filter) dilepas/tidak difungsikan.
4. Setingan
karbu diatas akan lebih sempurna apabila dikombinasikan denga
penggantian Koil (yang paling bagus koil original kepunyaan yamaha YZ
dan Suzuki RM) + CDI racing (bisa PREDATOR, BRT. REXTOR).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar